Uncategorized

Orang Minang Baralek Gadang

sudah dua kali dalam sebulan ini, h0n didapuk jadi penerima tamu di acara pernikahannya temen kerja. yang pertama nikahannya di rumah dan yang kedua kebetulan nikahannya di gedung tempat kerja. kebetulan h0n sekarang kan sedang merantau di ranah minang nie… jadi ada pengalamannya…

mengenai pernikahan atau biasa disebut baralek, orang minang ini sangat berpegang ma adat nie.. ada beberapa info yang h0n dapet dari temen minang h0n, liat dhewe atopun dari desas desus mengenai adat baralek padang, antara lain (mohon maaf ya kalo salah… ^^):

Lamaran
nah, di minang ini, lamaran itu dilakukan oleh pihak keluarga si calon mempelai wanita, so kalo mo lamaran keluarga calon mempelai wanita datang ke keluarga calon mempelai pria sambil memberikan seserahan. pihak keluarga wanita ini nie yang nyiapin acaranya.. *so kalo orang minang punya anak perempuan tuh ntar yang repot pas mo lamaran ya orang tua si cewek.. hehehhehe bacanda*.
tapi itu di atas tadi secara adat ajah… sebelum acara adat tetep ajah si pria yang minta ijin ke orang tua pihak wanita. enak banget jadi cowok minang kalo ga gitu… tinggal duduk duduk ajah minta dilamar.. wakakkakkaka…

Undangan
Nah, sekarang mari kita bahas masalah undangan, di tempat kerja h0n itu yang namanya undangan nikah itu bisa jadi datang terus.. alias banyak banget yang ngundang… kalo diliat liat dari nama mempelai itu kadang ga kenal sama sekali malahan… trus kalo dilihat dari nama keluarga.. hueee bisa jadi ga kenal juga.. kok bisa yach?? jadi gini nie… bisa jadi itu undangan nikah saudaranya temen kerja kita… atau sepupu.. atau keponakan.. pokoknya yang masih jauh yang kita ga kenal… kok bisa ya??? nah itu dia pertanyaan kita-kita waktu dapat undangan.. kalo di jawa khan undangan nikah ditangan.. pasti dah bisa tebak atau kita kenal lah siapa yang mo nikah.. dan kalo kakak kita nikah paling yang kita undang yang deket ajah kan ga semua temen kantor kita undang khan????
setelah dikonfirmasikan kepada temen kita yang mang orang minang… itu dikarenakan kebiasaan orang padang kalo ga diundang itu bisa-bisa dikatain sombong.. ahh intinya pokoknya… ga enak lah kalo ga diundang gitu….
tapi ini ga berlakuk universal kok.. buktinya temen minang h0n kalo nikah juga ngundang yang dikenal ajah kok… hehehhehhe

Baralek *the wedding*
dari dua pengalaman h0n jadi penerima tamu…yang bikin h0n punya kesempatan liat adat nikahnya orang minang. makasih ya Rita.. makasih ya Andika.. dah kasih h0n kesempatan buat liat orang minang baralek mulai dari belum acara ampe acara mo kelar… wakakkakkaka… capek bow!!!
Secara garis besar mo baralek di rumah ataupun di gedung acaranya sama… tapi biar lah.. cberikut ulasan h0n:
Baralek di Rumah
baralek di rumah… yang jelas di rumah mempelai wanita…. biasanya apa yach namanya buat duduk mempelai itu.. ahh pokoknya itu.. ditaruh di dalam rumah… *jadi tips buat para wanita, kalo mo menghadiri acara baralek model gini mending pake selop ajah, biar gampang ngelepas n make nya…hehhehe*
acaranya tuh di awali dengan kedatangan mempelai pria dan keluarga besar… mempelai pria nya ini didampingi oleh para mamaknya… dibelakangnya baru keluarga… trus MC nya bakal berpantun ria dalam bahasa minang.. dengan kata-kata yang paling h0n inget tuh “Orang Minang Baralek Gadang” trus mulai dech acara nari nari nya… penarinya cowok dan cewek.. ngegroup gitu… seru lohhh liatnya.. trus MC nya ngomong lagi… yang intinya mempelai wanita akan diserahkan ke pihak pria… baru dech dua orang perempuan berpakaian adat menghantarkan mempelai wanita ke samping mempelai pria diiringi dengan lagu adat yang rancak… trus setelah itu di arak mereka semua memasuki dan menduduki kursi pelaminan… begitu… hehehheh seru pokoknya.. hehehehe
Baralek di Gedung
Acara baralek di gedung kemaren tuh… extra ordinary banget.. soalna ini yang punya acara bukannya keluarga mempelai tapi Perusahaan bow!!! iya gawe perusahaan tuh yang kemaren.. panitianya ajah para boss hahhahahha…. Jadi kalo yang di gedung hampir sama kayak di rumah… tapi dia ga ada seserahan, khan datangnya bareng.. jadi cuma datang.. MC ngoceh dan ending2nya “Orang Minang Baralek Gadang” terus tari tarian.. terus mempelainya diarak memasuki gedung…. hueee… seru…

Sayangnya h0n ga ada foto prosesinya… bis jadi penerima tamu, khan ga mungkin sibuk foto hehhehe… tapi kalo motoin diri sendiri mah.. tetep jalan.. hehhehehhe…
that’s all guys… have a nice wedding party friends….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s